Opsi Perawatan Untuk Kanker Prostat

Meskipun beberapa kanker dapat tumbuh sangat lambat sehingga pengobatan mungkin tidak diperlukan, yang lain tumbuh cepat dan merupakan ancaman bagi kehidupan. Menentukan kebutuhan akan perawatan dan jenis perawatan dapat menjadi keputusan yang sulit.

Ada sejumlah cara untuk mengobati kanker prostat. Namun, pilihannya sebagian besar akan tergantung pada dokter untuk menentukan mana yang mungkin sesuai tergantung pada stadium penyakit dan tingkat kanker serta usia dan kesehatan pasien. Namun, semakin lama harapan hidup pasien, semakin tidak pasti prediksi dan pilihan metode pengobatan menjadi, karena sebagian besar kanker prostat berkembang seiring waktu. Perasaan pasien dan kemungkinan efek sampingnya juga harus dipertimbangkan.

Perawatan untuk kanker prostat mungkin termasuk menunggu dengan waspada, pembedahan, terapi radiasi, atau terapi hormon. Beberapa pria menerima kombinasi terapi. Penyembuhan mungkin untuk pria yang kanker prostatnya didiagnosis lebih awal. Namun, operasi, terapi radiasi, dan terapi hormon semua memiliki potensi untuk mengganggu hasrat atau kinerja seksual untuk sementara waktu atau secara permanen. Karena itu, disarankan untuk mendiskusikan kekhawatiran Anda dengan dokter Anda.

Dua perawatan utama telah terbukti efisien dalam memberantas kanker prostat lokal: operasi pengangkatan prostat dan vesikula vesikalis (prostatektomi radikal), dan radioterapi (radioterapi sinar eksternal dan radioterapi interstitial). Diakui bahwa pasien yang akan mendapat manfaat dari perawatan ini adalah mereka yang harapan hidupnya melebihi 10 tahun. Tidak ada manfaat yang diharapkan pada pasien yang lebih tua yang cenderung meninggal karena penyakit lain. Namun, bagi mereka yang menderita kanker prostat metastatik, terapi hormon atau kemoterapi akan terbukti lebih efektif walaupun radioterapi juga dapat digunakan.

  1. Pembedahan (Radikal Prostatektomi)

    Prostatektomi radikal melibatkan pengangkatan seluruh prostat melalui pembedahan, vesikula seminalis, jaringan yang mengelilinginya, dan beberapa kelenjar getah bening pelvis terkait. Ini cocok untuk pria yang diyakini tumornya dapat diangkat sepenuhnya dengan operasi.

    Keuntungan utama dari radikal prostatektomi adalah bahwa karena kanker prostat dapat tersebar di seluruh kelenjar prostat dengan cara yang tidak dapat diprediksi, seluruh prostat harus diangkat sehingga sel-sel kanker tidak tertinggal. Banyak ahli menganggap prostatektomi radikal sebagai perawatan standar emas pada pasien muda yang menderita penyakit organ terbatas. Indikasi untuk prostatektomi radikal kemungkinan adalah tumor yang dapat disembuhkan pada pasien yang harapan hidupnya di atas 10 tahun.
  2. Terapi Radiasi untuk Kanker Prostat

    Terapi radiasi, juga kadang-kadang disebut radioterapi, adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan beberapa jenis perawatan termasuk penggunaan sinar-X berdaya tinggi, penempatan bahan radioaktif ke dalam tubuh atau injeksi zat radioaktif ke dalam aliran darah. Berbagai jenis perawatan radiasi ini digunakan dalam berbagai pengaturan. Keadaan ini termasuk pengobatan primer kanker prostat lokal, perawatan sekunder untuk kanker yang berulang dalam wilayah prostat dan untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala lain yang berkaitan dengan kanker prostat yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

    Indikasi kuratif radioterapi sinar eksternal mirip dengan prostatektomi radikal: kanker organ terbatas pada pasien dengan harapan hidup di atas 10 tahun. Perawatan ini umumnya melibatkan radioterapi selama 7 minggu. Radioterapi dianggap menghasilkan tingkat inkontinensia dan disfungsi ereksi yang lebih rendah dibandingkan dengan prostatektomi radikal. Efek samping utama dari radioterapi eksternal konvensional adalah gejala iritasi urin dan komplikasi usus.
  3. Terapi Hormon untuk Kanker Prostat
    Ketika kanker prostat lebih lanjut, dan telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, pengobatan termasuk mengurangi testosteron (hormon pria) yang mendukung prostat dan tumornya. Terapi hormon mengurangi gejala dan mencegah pertumbuhan lebih lanjut. Terapi hormon dicapai dengan operasi atau pengobatan. Testosteron dapat dikurangi dengan mengeluarkan testis; operasi ini disebut orchiectomy bilateral. Namun, opsi lain yang umum digunakan adalah pengebirian kimia – menyuntikkan analog LH-RH sintetik setiap tiga hingga empat bulan untuk menekan produksi testosteron alami. Dengan melakukan hal itu, ia merampas sel-sel kanker dari unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Menggunakan sejumlah obat, terapi hormon berusaha untuk meniadakan sebanyak mungkin semua efek hormon pria pada sel kanker prostat.
Read More

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>